Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepemimpinan Kristen ~ Paul David Tripp

Kepemimpinan yang baik sulit ditemukan akhir-akhir ini, sudahkah Anda perhatikan?

Hanya melalui kasih karunia Allah yang dapat mengubah Anda menjadi pemimpin yang menghormati Tuhan dan efektif, terlindungi dari perangkap yang menyertai ketika berada di puncak. Bagaimana Anda bisa memanfaatkan kasih karunia itu? Berikut adalah tiga prinsip yang harus diingat oleh setiap pemimpin — dan setiap pengikut Yesus Kristus — ketika menjalankan wewenang atau pengaruh yang diberikan Allah dengan baik.

1. Pemimpin yang Baik Dimotivasi oleh Ketakutan (Dari Allah): Beberapa bentuk ketakutan selalu membentuk seorang pemimpin. Jika itu bukan rasa takut akan Tuhan, itu akan menjadi rasa takut terhadap manusia, takut akan keadaan, takut akan masa depan, takut akan keuangan, atau ketakutan lainnya. Memimpin di dunia yang rusak adalah menakutkan, dan Anda tidak akan pernah mengalahkan rasa takut dengan menyangkal keberadaannya. Jangan menyerah, tetapi akui saja dan miliki rasa takutmu lalu berlarilah ke satu-satunya yang bisa mengatasinya. (Bdk, Amsal 1:7, 14:26)

2. Pemimpin yang Baik Merasa Kecil, Lemah, Dan Tidak mampu: Terlalu banyak pemimpin menganggap peran mereka dengan sikap "bawa kepadaku dunia, aku lebih dari siap". Saya harus akui: Saya lulus seminari dengan sikap ini. Para pemimpin yang baik dan menghormati Tuhan perlu hidup dengan rasa ketidakmampuan yang sehat, merasa tidak layak untuk tugas yang dihadapi. Tidak hanya ini akan meningkatkan ketergantungan Anda pada kebijaksanaan, kekuatan, dan kasih karunia Tuhan, itu juga membuat Anda rendah hati, mudah didekati, sabar, dan penuh kasih sayang. (Bdk. Markus 10:34-35).

3. Pemimpin yang Baik Melihat Kesuksesan dan Kesulitan Secara Akurat: Seorang pemimpin yang baik tidak mengambil pujian pribadi atas apa yang hanya dapat dihasilkan oleh Tuhan, juga seorang pemimpin yang baik tidak mengacaukan kesuksesan dunia sebagai dukungan Allah atas karakter mereka. Pada saat yang sama, seorang pemimpin yang baik melihat kesulitan yang tak terhindarkan melalui lensa kedaulatan, kebijaksanaan, kekuatan, dan kesetiaan Allah. Inilah kenyataan yang perlu diingat oleh setiap pemimpin dalam kesulitan: Tuhan yang memanggil Anda untuk memimpin tidak pernah mengirim Anda tanpa terlebih dahulu berjalan di depan Anda. (Bdk. Yesaya 41:10)

Jadi apakah Anda seorang pendeta, penatua, koordinator pelayanan, CEO, team leader, project manager, orang tua, pasangan, atau sukarelawan, Anda telah dipanggil untuk memimpin dan mempengaruhi dalam beberapa cara.

Lebih khusus lagi, Anda telah ditugaskan untuk membuat kasih Allah yang tak terlihat menjadi nyata. Anda telah ditempatkan secara ilahi untuk membawa kemuliaan bagi Raja segala Raja. Anda tidak bisa berharap menjadi bagian dari hal yang lebih menggairahkan daripada hal ini!

by Paul David Tripp

Posting Komentar untuk "Kepemimpinan Kristen ~ Paul David Tripp"